Wavy Tail

Thursday, March 22, 2018

Cara Membuat Blogspot

Blog.

Bagi saya, blog merupakan salahsatu tempat untuk menulis. Dimana kita bisa berbagi pengalaman, ilmu serta cerita ketika tak ada lawan bicara. Seperti yang biasa saya lakukan. Walaupun mungkin hanya sedikit pembacanya, tak tak apa. Setidaknya ada yang membaca dan mampu memberikan manfaat. 

Banyak orang yang sudah mengenal blog sejak lama. Tapi tidak sedikit pula orang yang baru terjun ke dunia blog, ya, seperti saya. Mungkin sekarang lagi populer dengan yang namanya Vlog. Tapi pengguna blog pun masih banyak peminatnya. Blog itu ada dua. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara membuat blog sesuai dengan apa yang telah saya pelajari,yaitu menggunakan blog gratis di Blogspot. 

Langsung saja, berikut adalah langkah-langkahnya.. Cekidooottt... 
  1. Kita pastikan dulu komputer atau laptop kita sudah terhubung ke internet ya.
  2. Kita masuk ke Browser yang ada di Komputer/Laptop kita
  3. Ketikkan di Kotak Pencarian Blogger atau di kotak URL di tulis alamat https://blogger.com/ 

  4. Klik CREATE YOUR BLOG untuk membuat blog baru.
  5. Masukkan alamat gmail Anda. Jika Anda belum mempunyai akun gmail, silahkan baca artikel saya tentang Cara Membuat Email di Gmail. Setelah itu, pilih BERIKUTNYA.
  6. Masukkan juga password akun gmail Anda dengan benar, lalu pilih BERIKUTNYA.

  7. Terlebih dahulu anda harus memilih profil mana yang akan anda gunakan. Anda bisa menggunakan profil Google+ atau profil Blogger biasa. Dalam tutorial ini saya menyarankan menggunakan profil Google+ saja. Maka dari itu, pilih Buat profil Google+.
  8. Form profil akan terisi secara otomotis. Jika ada yang perlu diubah, entah itu nama, jenis kelamin atau tanggal lahir, anda bisa mengeditnya disini. Jika sudah selesai mengedit, silakan pilih CREATE PROFILE.
  9. Profil Google+ anda sudah berhasil dibuat. Setelah itu, pilih Lanjutkan ke Blogger.
  10. Untuk membuat blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU yang terletak di bawah. Lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar dibawah ini.
  11. Anda akan melihat tampilan seperti berikut ini. Silakan isi sesuai putunjuk nomor dibawah ini :


    • Nomor 1 : Isi dengan judul blog baru anda, misal Blog Diki Rustandi Kece
    • Nomor 2 : Isi dengan alamat url pada blog anda, misal dikirustandikece.blogspot.com atau cukup mengetikkan dikirustandikece saja, nanti secara otomatis alamat blognya menjadi dikirustandikece.blogspot.com. Jika ada tanda centang disampingnya berarti alamat blog tersebut tersedia.
    • Nomor 3 : Pilih tema yang anda sukai untuk blog baru anda.
  12. Setelah itu, pilih Buat blog!. Jika ada tampilan seperti dibawh, klik lewati dan blog telah selesai dibuat.



Mengenal Menu Blogspot

Terdapat beberapa menu dan tombol pada blogger yang perlu anda ketahui. Diantaranya sebagai berikut :


  • Pos: menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.

  • Statistik: menampilkan informasi statiska pada blog anda, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain sebagainya.

  • Komentar: menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam.

  • Kampanye: menampilkan menu seputar Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tetapi tentu saja ini tidak gratis.

  • Laman: menampilkan jumlah laman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.

  • Tata Letak: disini anda bisa kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog anda.

  • Tema: menampilkan pengaturan pada template atau tema blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.

  • Setelan: menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.

  • Daftar Bacaan: menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.

  • Bantuan: menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.

Cara Membuat Postingan di Blog

Untuk menulis konten atau yang sering di sebut dengan posting sangatlah mudah, malahan mudah banget. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik menu POSTINGAN  lalu klik tombol Entri baru.

2. Sebelum memulai untuk menulis konten, terdapat beberapa menu, tombol, atau navigasi yang perlu anda pahami sebagai berikut :

  • Nomor 1 : Judul konten anda.

  • Nomor 2 : Deretan tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau mempratinjau (preview) konten anda sebelum diposting.

  • Nomor 3 : Terdapat 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, diantaranya mode Compose dan mode HTML. Secara default, mode penulisan konten menggunakan mode Compose. Jika anda awam dalam HTML, saya sarankan menggunakan mode Compose saja.

  • Nomor 4 : Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada konten anda. Fungsi tool-tool ini tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada Microsoft Word.

  • Nomor 5 : Beberapa menu pengaturan pada konten anda. Seperti memberikan label/ kategori, tautan permanen pada konten anda dan lain sebagainya.

  • Nomor 6 : Isi konten anda.
 Jika konten anda sudah siap dipublikasikan, silakan klik tombol Publikasikan.

Demikian tutorial mengenai cara membuat blogspot. Mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca ya.. 


Salam 




luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment